Kumpulan Informasi Kesehatan Terbaik Untuk Anda

5 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Pandan - Daun pandan merupakan salah satu daun yang memiliki aroma yang wangi dan khas. Daun ini cukup banyak digunakan dalam makanan khususnya kue. Dengan aromanya yang lezat membuat masakan anda menjadi lebih nikmat. Daun dari tumbuhan yang tergolong dalam jenis monokotil ini juga memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Beberapa penyakit dapat diobati dengan menggunakan daun pandan ini. Salah satunya yaitu rematik. Jadi, dengan pengobatan secara alami menggunakan daun pandan kita sudah mengurangi biaya untuk membeli obat di apotik. Apalagi obat tradisional bisa dibilang tidak mengandung efek samping yang membahayakan.

Manfaat Daun Pandan
Manfaat Daun Pandan
Sangat aman dan nyaman kan menggunakan bahan alami untuk mengobati penyakit yang cukup ringan. Jadi, kita tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli obat. Meskipun cara alami atau tradisional sedikit ribet dan membutuhkan sedikit waktu dalam pengerjaan. Namun saya rasa hal itu tidak menjadi masalah karena obat alami lebih bagus karena aman dari bahan kimia dan pengawet. Untuk itu bila anda ingin mengetahui manfaat apa saja yang didapat dari daun pandan untuk kesehatan kita. Yuk silakan intip beberapa manfaat daun pandan bagi kesehatan yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit yang dapat anda baca dibawah ini :

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

1. Mengobati Rematik
Bila anda terkena rematik, bisa mencoba obat yang satu ini yaitu dengan menggunakan daun pandan. Caranya yaitu pertama siapkan beberapa lembar daun pandan yang sudah dibersihkan. Lalu sedu dengan setengah atau satu gelas minyak kelapa. Kemudian diamkan sampai dingin. Selanjutnya gosokkan pada tubuh anda yang terkena rematik.

2. Mengobati Darah Tinggi
Selain mengobati rematik daun pandan juga dapat mengobati darah tinggi. Caranya yaitu rebuslah beberapa lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih. Kemudian minumlah rebusan tersebut. Usahakan minumlah satu hari 2 kali yaitu setiap pagi dan sore.

3. Menambah Nafsu Makan
Memang sangat sulit memaksa makan orang yang tidak memiliki nafsu makan. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut anda dapat menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional. Yaitu dengan cara merebus dua lembar daun padan bersama dua gelas air putih. Lalu diamkan rebusan tersebut sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin minum rebusan tersebut. Anda dapat menambahkan madu atau gula agar terasa lebih manis. Usahakan untuk melakukan cara ini dua kali sehari secara teratur.

4. Mengobati Pegal Linu
Untuk mengobati rematik anda juga dapat menggunakan daun pandan sebagai solusinya. Daripada harus mengeluarkan uang untuk membeli obat, apa salahnya bila mencoba cara alami yang satu ini. Untuk cara penggunaannya mirip dengan point nomer 1. Yaitu daun pandan disedu terlebih dahulu dengan setengah atau satu gelas minyak kelapa. Kemudian setelah dingin tinggal digosokkan ke area tubuh yang pegal linu.

5. Mengobati Lemah Syahwat Pada Pria
Untuk cara penggunaannya yaitu sediakan tiga lembar daun pandan yang sudah dicuci bersih. Lalu rebus dengan empat gelas air putih. Diamkan rebusan tersebut sampai tersisa kira-kira tiga gelas. Kemudian setelah dingin minum rebusan tersebut pada pagi dan sore hari. Usahakan minum secara teratur.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Itulah manfaat daun pandan sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit yang bisa dibilang cukup sedang. Nah, bila anda menderita beberapa penyakit diatas, jangan ragu lagi untuk mencoba menggunakan daun pandan sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit anda. Apalagi daun pandan merupakan daun yang mudah tumbuh dan banyak dijumpai di Indonesia. Bahkan tanpa perawatan pun tumbuhan ini bisa hidup dengan baik.

Sekian informasi yang dapat saya bagikan untuk anda mengenai manfaat daun pandan yang sangat penting bagi kesehatan karena dapat mengobati beberapa penyakit. Selain daun pandan sebenarnya juga banyak daun-daun lain yang memiliki khasiat penting untuk kesehatan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan